THE QUALITY OF GENERIC STRUCTURE OF DISCUSSION TEXT WRITTEN BY THE XII GRADE STUDENTS OF SMAN 1 LUBUK ALUNG

Ana Safara(1), Yenni Rozimela(2), Fitrawati Fitrawat(3),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2018 Journal of English Language Teaching

DOI : https://doi.org/10.24036/jelt.v6i1.9655

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk melihat kualitas generic structure dari teks discussion yang ditulis oleh siswa yang terdiri dari statement of issue, arguments for, arguments against, and recommendation.. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan rubrik skoring yang di adopsi dari Brown (2010) untuk menganalisis kualitas dari generic structure siswa dalam menulis teks discussion. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas 3 SMAN 1 Lubuk Alung. Sampel dari penelitian ini berjumlah 30 siswa dari kelas XII IPA 3 yang didapat melalui teknik cluster sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berupa tes menulis teks discussion. Peneliti menyediakan tiga topik berbeda sebagai pilihan oleh siswa dalam menulis teks discussion dengan waktu yang disediakan adalah 90 menit. Hasil dari tulisan siswa tersebut digunakan sebagai data dalam penelitian ini. Berdasarkan data yang diperoleh, kualitas teks yang ditulis siswa ditinjau dari segi generic structure berada dalam kategori fair. Hasil analisis menunjukkan bahwa 30% dari tulisan siswa memenuhi kriteria dalam penulisan statement of issue dari teks discussion. Sedangkan untuk penulisan argumen pro dan kontra yang dikategorikan bagus dan memenuhi kriteria adalah mencapai 67% dari ‘arguments for’ dan 53% dari ‘arguments against’ yang ditulis oleh siswa. Selanjutnya, dari hasil analisis menunjukkan bahwa 59% dari recommendation yang ditulis oleh siswa memenuhi kriteria.


Keywords


discussion text, kualitas tulisan siswa, generic structure

References


Alhaisoni, Eid M., et al. 2015. “Analysis of Spelling Errors of Saudi Beginner Learners of English Enrolled in An Intensive English Language Program.” English Language Teaching: Canadian Center of Science and Education, 8(3), 185-192.

Anderson, Mark, and Anderson, Kathy. 1998. Text Types in English. 3rd ed. MacMillan Education Australia: Melbourne

Barwich, John. (1999). Targetting Language: Photocopiable Unit based on English Text Types Upper Level. Singapore: Green Great Press New Y ork.

Brown, H. Dauglas. 2010. Language Assessment: Principles and Classroom Practices. New York. Pearson Education

Derewianka, Beverly. 1990. Exploring how text works. Rosella: primary English: teaching associationz

Gay, L.R, and Airasian, P. 2000. Educational Research: Competencies for Analysis and Application. Sixth Edition. Prentice-Hall, Inc.: New Jersey

Jordan, R.R. (1999). Academic Writing Course: Study Skills in English. Longman: UK

Lou and Spaventa, Marilynn. 2001. Writing to Learn from Paragraph to Essay. McGraw-Hill: New York


Article Metrics

 Abstract Views : 2177 times
 PDF Downloaded : 196 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Journal of English Language Teaching

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.