Abstract


Berbicara merupakan salah satu keahlian yang harus dimiliki oleh siswa dalam tujuan untuk tercapainya keefektifan dalam berkomunikasi. Kemampuan berbicara ini akan sangat berguna bagi siswa sekolah menengah kejuruan yang nantinya akan memasuki dunia bisnis ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berbicara siswa dalam mendeskripsikan produk ditinjau dari segi grammar dan knowledge of genre. Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif (descriptive research). Populasi dalam penelitian ini adalah 62 siswa kelas X jurusan Pemasaran di SMK Negeri 3 Padang. Sampel penelitian didapatkan dengan menggunakan metode purposive sampling dimana peneliti hanya mengambil satu perwakilan kelas sebagai sampel penelitian, yaitu 31 siswa kelas X Pemasaran 2. Data dalam penelitian merupakan hasil tes unjuk kerja kemampuan berbicara siswa dalam mendeskripsikan satu dari dua tema produk berbeda yaitu electronic dan kosmetik. Dari hasil penelitian diketahui kemampuan berbicara siswa kelas X Pemasaran 2 SMK Negeri 3 Padang ditinjau dari segi grammar mendapat nilai rata-rata 73.81 dengan kategori sangat baik (very good) dan dari segi knowledge of genre mendapat nilai rata-rata 69.27 dengan kategori sangat baik (very good). Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa kemampuan berbicara siswa dilihat dari segi grammar dan knowledge of genre dalam mendeskripsikan produk adalah sangat baik (very good).


Keywords


Speaking Ability, Describing Products, Grammar, Knowledge of Genre