Abstract


Membaca dalam bahasa Inggris merupakan kegiatan yang membosankan bagi siswa. Padahal, membaca adalah salah satu keterampilan bahasa dalam kurikulum pendidikan pada tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Maka pentingnya penerapan strategi pembelajaran yang tepat dalam pengajaran membaca untuk membuat proses pengajaran dikelas menjadi aktif dan komunikatif tidak hanya bagi guru tapi juga bagi siswa. Salah satu strategi yang dapat digunakan guru dalam meningkatkan pemahaman siswa dalam membaca yaitu Partner Prediction Strategy. Partner Prediction adalah strategi pembelajaran dimana siswa berkerjasama dengan pasangannya memprediksi apa kejadian, isi cerita atau cerita selanjutnya dalam sebuah topic atau cerita. Strategi ini mampu meningkatkan pemahaman membaca siswa pada Sekolah Menengah Pertama. Strategi ini dapat mempermudah guru untuk meningkatkan motivasi dan keinginan siswa dalam membaca. Disamping itu siswa dapat menyampaikan dan bertukar informasi tentang apa yang mereka ketahui dengan pasangannya mengenai teks yang mereka baca. Strategi ini juga mempermudah siswa dalam mengerjakan tugas dengan cara berkelompok dan membuat siswa lebih aktif dan bersemangat dalam mengerjakan tugas. Penulis mengharapkan Partner Prediction Strategy bias menjadi panduan bagi guru bahasa Inggris dalam mengajar membaca dalam meningkatkan pemahaman siswa dalam membaca.


Keywords


reading, reading comprehension, partner prediction strategy