USING THREE STEPS INTERVIEW TECHNIQUE TO IMPROVE SPEAKING ABILITYOF SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

Silvia Wulandari(1), Don Narius(2),
(1) English Department Faculty of Languages and Arts State University of Padang  Indonesia
(2) English Department Faculty of Languages and Arts State University of Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2017 Journal of English Language Teaching

DOI : https://doi.org/10.24036/jelt.v6i1.8531

Full Text:    Language : en

Abstract


Kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris adalah kunci utama untuk bisa berbahasa Inggris. Namun sebahagian siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) masih memiliki kendala dalam hal tersebut karena kurangnya praktek berbicara terutama di dalam kelas. Selain itu, cara pengajaran Speaking yang mo noton juga menjadi kendala bagi siswa, di mana pengajaran Speaking lebih memfokuskan pada teori atau buku. Hal ini membuat siswa tidak lagi fokus dan merasa bosan untuk belajar. Sehubung dengan kenyataan di atas, maka penulis memilih menambahkan teknik yang bisa mendukung siswa untuk aktif dalam berbicara. Teknik yang akan dideskripsikan penulis dalam makalah ini adalah three steps interview technique. Three steps interview technique adalah salah satu teknik pada Cooperative Learning yang mampu membuat siswa bekerja berpasang - pasangan dan dalam kelompok. Three steps interview ini adalah cara yang efektif untuk mendukung siswa dalam membagi apa yang dipikirkan di saat diberi topik, pertanyaan, dan dapat disimpulkan bahwa three steps interview technique dapat diaplikasikan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca.


Keywords


kemampuan berbicara, sekolah menengah atas, tiga langkah teknik interview

References


Heaton, JB. (1978). Speaking English Language Test. London : Longman Group Ltd.

Kagan, Spencer. (1994). Cooperative Learning. San Clemente, CA: Kagan Publishing.

Richards. Renandya. (2002). Methodology in Language Teaching. England: Cambridge University Press.

Salahuddin. (2008). Language English: Publisher. American: McGraw-Hill. 2nd Edition.

Syakur. (1987). The Component of Speaking Skills. US. Cambridge University Press.

Mairi, S. 2017. An Analysis of Speaking Fluency Level of the English Department Students Of Universitas Negeri Padang (UNP). Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa, 10 (2): 161-171


Article Metrics

 Abstract Views : 1753 times
 PDF Downloaded : 375 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Journal of English Language Teaching

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.