THE USE OF READING WORKSHOP MODEL IN TEACHING READING COMPREHENSION OF A NARRATIVE TEXT TO SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

Annisa Nadilla(1),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c)

DOI : https://doi.org/10.24036/jelt.v4i2.5814

Abstract


Makalah ini bertujuan untuk membahas model pengajaran yang dapat diaplikasikan dalam pengajaran membaca pemahaman teks narrative pada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) yaitu model Reading Workshop. Model Reading
Workshop dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa dalam teks
narrative. Reading Workshop adalah model pengajaran yang menggunakan pendekatan proses sehingga mendorong siswa menjadi pembaca yang aktif. Dalam model Reading
Workshop, siswa melalui beberapa proses dalam memahami teks yaitu membaca sendiri (independent reading), membaca dalam grup (shared reading) dan membaca terbimbing dengan guru (guided reading). Reading workshop memperkenalkan kerja sama melalui interaksi dalam kelompok kecil baik dengan teman sekelas maupun dengan guru. Sehingga siswa dapat berbagi pengetahuan dan informasi tentang apa yang telah mereka baca dengan berdiskusi dengan teman sekelas tentang ide dan opininya. Kemudian interaksi dengan guru yang dapat membantu siswa memahami teks yang dibacanya lebih dalam lagi dan memecahkan masalah yang dihadapi siswa dalam membaca pemahaman. Dan di akhir kegiatan siswa dituntut mempresentasikan hasil bacaannya di depan kelas. Di dalam makalah ini dibahas tiga komponen yang terdapat dalam model
Reading Workshop yaitu The Lesson/ Workshop, Work Period (Independent Reading
and Conferencing), and Sharing/ Presentation Time. Key words: Teaching Reading Comprehension, Narrative Text, Reading Workshop


Article Metrics

 Abstract Views : 802 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)