TEACHING READING HORTATORY EXPOSITION TEXT BY COMBINING PARTNER PREDICTION WITH HIGHLIGHTING STRATEGIES TO SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS
(1) FBS UNP  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c)
DOI : https://doi.org/10.24036/jelt.v3i1.4388
Full Text: Language : en
Abstract
Abstrak
Makalah ini ditulis dengan tujuan untuk membantu mengatasi beberapa dari sekian banyak permasalahan yang ada dalam mengajar pemahaman membaca (reading) pada mata pelajaran bahasa inggris di sekolah menengah atas (SMA), khususnya dalam membaca teks hortatori. Makalah ini membahas tentang penggabungan strategi partner prediction dan strategi highlighting dalam mengajar reading yang dapat membantu meningkatkan pemahaman siswa dalam membaca dan mempermudah siswa dalam memahami isi bacaan. Penggunaan kedua strategi ini dibagi dalam beberapa langkah. Langkah pertama dalam strategi partner prediction, siswa diminta untuk membuat prediksi-prediksi secara berpasangan berkaitan dengan teks yang akan diberikan, siswa membuat prediksi-prediksi tentang hal apa yang akan muncul di dalam teks. Strategi ini dilakukan pada fase experimenting di kegiatan inti belajar mengajar. Selanjutnya pada strategi highlighting, guru menyuruh siswa secara individu menandai ide-ide penting dalam teks dengan menggunakan stabilo atau pensil warna. Strategi highlighting ini dilakukan pada fase associating di kegiatan inti belajar mengajar.
Kata Kunci: Reading, Teaching Reading, Hortatory Exposition Text, Partner Prediction, Highlighting
Article Metrics
Abstract Views : 347 timesPDF Downloaded : 328 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)