Abstract


Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk memaparkan dan menjelaskan tentang cara menggunakan strategi TAD (Transitions-Actions-Details) untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis teks recount untuk siswa sekolah menengah pertama. Strategi TAD adalah suatu strategi dimana siswa diminta menuliskan kembali bagian-bagian penting yang terjadi dalam cerita sesuai dengan urutannya. Strategi ini menggunakan sebuah tabel untuk memudahkan siswa menyusun kejadian- kejadian sesuai urutannya. Penggunaan strategi ini dibagi kedalam tiga langkah pengajaran. Pertama yang dilakukan dalam pre-teaching activities yaitu guru mengaktifkan pengetahuan siswa tentang recount text. Kedua pada whilst-teaching activities, siswa diminta untuk membuat sebuah tabel yang terdiri dari tiga kolom. Kolom pertama berlabel “transitions”, kolom yang kedua berlabel “actions” dan kolom terakhir berlabel “details”. Guru menjelaskan apa maksud dari setiap kolom agar siswa mengerti apa yang akan dikerjakan. Terakhir pada post-teaching activities, siswa diberikan sebuah pekerjaan rumah untuk mengisi tabel TAD masing masing secara berkelompok.