THE EFFECT OF GENKI-ENGLISH (CD-INTERACTIVE) AS MEDIA TOWARD YOUNG LEARNERS’ SPEAKING ABILITY AT SDN 02 SAWAHLUNTO

Chintya Virqi Prayetno(1), Zul Amri(2), An Fauzia Rozani Syafei(3),
(1) FBS UNP  Indonesia
(2) FBS UNP  Indonesia
(3) FBS UNP  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c)

DOI : https://doi.org/10.24036/jelt.v3i1.4383

Full Text:    Language : en

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat dampak terhadap penggunaan media ini dalam fase kegiatan sebelum dan sesudah berbicara terhadap kemampuan berbicara siswa.). Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah Genki-English (CD-Interactive). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 02 Sawahlunto tahun pelajaran 2013-2014. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelompok, kelompok A sebagai kelompok eksperimen menggunakan Genki-English (CD-Interactive) dan Kelompok B sebagai kelas control dengan menggunakan media Picture Cards and Teacher’s voice. Data berupa nilai speaking test dianalisis secara statistic dengan menggunakan rumus t-test, dan ditemukan bahwa t-hitung sebesar 2,51, sedangkan sebesar2,228, yang berarti  t-hitung> t-tabel. Berdasarkan hasil hitungan ini, disimpulkan bahwa penggunaan media Genki-English dalam pembelajaran dapat memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap kemampuan berbicara siswa.

Key words: Media, Young Learners, Speaking Ability.


Article Metrics

 Abstract Views : 148 times
 PDF Downloaded : 57 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)