Abstract


Abstrak

Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada umumnya mengalami kesulitan dalam menulis sebuah recount text. Hal ini disebabkan karena siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) kesulitan mencari ide yang akan dikembangkan menjadi sebuah teks. Tidak adanya aktivitas dan media pembelajaran yang menuntun dan memotivasi siswa untuk menggunakan imajinasi dalam menemukan dan menyusun ide-ide tersebut juga menjadi penghalang dalam menulis recount text. Maka dari itu penulis mengusulkan penggunaan Storybird web 2.0 tool untuk membantu siswa mengumpulkan ide-ide dan meningkatkan motivasi siswa dalam menulis recount text. Storybird adalah salah satu media online yang difokuskan pada kegiatan membaca dan menulis. Storybird dilengkapi dengan gambar-gambar yang menarik sehingga siswa akan termotivasi untuk menulis. Dengan memanfaatkan Storybird sebagai media pembelajaran menulis recount text, siswa akan tertantang untuk membuat sebuah online story book berkolaborasi dengan siswa lain. Selain itu guru dapat membuat recount text sendiri sebagai materi pembelajaran dengan menggunakan Storybird sehingga pembelajaran akan lebih menarik. Storybird juga menyediakan virtual classroom sehingga guru dapat memantau kegiatan siswa, memberikan tugas dan menilai hasil kerja siswa.

Kata kunci: Recount text, Storybird, Story book.