TEACHING WRITING A HORTATORY EXPOSITION TEXT BY USING TEAM-ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) STRATEGY TO SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

Riza Ummara El Darman(1), Saunir Saun(2),
(1) FBS UNP  Indonesia
(2) FBS UNP  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c)

DOI : https://doi.org/10.24036/jelt.v3i1.4377

Full Text:    Language : en

Abstract


Abstrak

Menulis dalam bahasa Inggris adalah salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh semua siswa di tingkat Sekolah Menengah Atas. Namun ada beberapa permasalahan yang sering kali muncul di dalam pengajaran keterampilan menulis tersebut, terutama dalam menulis teks hortatory exposition, seperti terbatasnya kemampuan siswa dalam mengetahui kosakata bahasa Inggris, kurangnya pemahaman mereka dalam menggunakan tata bahasa yang baik, serta faktor ketidaknyamanan kelas yang muncul akibat kurangnya pembaharuan dan kreatifitas guru dalam mengelola proses pembelajaran di dalam kelas. Agar siswa dapat menulis secara terarah dan lebih baik, penulis memilih stategi TAI (Team-Assisted Individulization) sebagai sebuah strategi untuk mengajarkan keterampilan menulis bagi siswa. TAI adalah sebuah strategi yang berorientasi kerja kelompok (sekitar 4-5 siswa). Kelompok ini dipilih secara acak sehingga di setiap masing-masing kelompok mempuanya level kemampuan yang berbeda-beda. Meskipun bekerja dalam kelompok, siswa akan tetap dinilai secara individu sehingga setiap siswa termotivasi untuk tetap belajar. Penulis juga berharap agar strategi ini dapat memberikan kontribusi positif bagi guru dalam mengajarkan kemampuan menulis serta bisa meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis.

 

Key words:  Keterampilan menulis, Team-Assisted Individualization strategi, Hortatory Exposition Text


Article Metrics

 Abstract Views : 544 times
 PDF Downloaded : 717 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)