TEACHING READING ANALYTICAL EXPOSITION TEXT TO SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS BY USING POSSE (PREDICT, ORGANIZE, SEARCH, SUMMARIZE, EVALUATE) STRATEGY

Gusnila Arianti(1), Yuli Tiarina(2),
(1) FBS UNP  Indonesia
(2) FBS UNP  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c)

DOI : https://doi.org/10.24036/jelt.v3i1.4376

Full Text:    Language : en

Abstract


Abstrak

 

Membaca merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa dalam belajar. Tetapi, banyak siswa yang mengeluh ketika mereka di minta untuk membaca sebuah teks karena mereka kesulitan dalam memahami dan menemukan ide pokok dari teks yang mereka baca, terutama teks dalam bentuk bahasa Inggris salah satunya teks analytical exposition. Guru dapat membantu siswa untuk mengatasi masalah ini dengan menggunakan strategi membaca. Salah satu strateginya yaitu POSSE (predict, organize, search, summarize, evaluate). POSSE dapat membantu siswa tingkat SMA dalam memahami teks. Strategi ini terdiri dari beberapa langkah. Pertama, predict, ini dilakukan sebelum membaca. Siswa memprediksikan apa yang dibicarakan dalam teks dengan melihat judul teks atau dengan bantuan gambar. Kedua, organize, dalam tahap siswa menuangkan prediksi mereka dalam diagram. Ketiga, search, siswa membaca teks untuk menemukan apakah prediksi mereka benar dan menemukan ide pokok dari teks. Keempat, summarize, siswa merangkum atau ide-ide pokok dari teks. Kelima, evaluate, pada fase terakhir ini siswa membandingkan diagram yang mereka buat pada tahap organize dengan setelah membacanya dan kemudian mendiskusikannya bersama-sama. Dengan demikian di harapkan strategi POSSE dapat memberikan konstribusi yang baik dalam pengajaran membaca teks analytical exposition kepada siswa.

 

Key words: Membaca, POSSE strategy, teks analytical exposition


Article Metrics

 Abstract Views : 2151 times
 PDF Downloaded : 1722 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)