TEACHING WRITING HORTATORY EXPOSITION TEXT BY USING STOP AND DARE STRATEGY TO SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

Vicko Kurniawan(1), Fitrawati Fitrawati(2),
(1) FBS UNP  Indonesia
(2) FBS UNP  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c)

DOI : https://doi.org/10.24036/jelt.v3i1.4372

Full Text:    Language : en

Abstract


Abstrak

Siswa SMA masih menemui kesulitan dalam menulis hortatory teks. Hal ini disebabkan karena mereka masih lemah dalam hal menulis dan menyalurkan ide-ide untuk dituangkan dalam teks hortatori. STOP and DARE adalah sebuah strategi menulis yang terdiri dari STOP dan DARE. STOP merupakan strategi yang digunakan untuk menstimulus siswa untuk mengeluarkan ide-ide berupa opini yang digunakan dalam menulis teks hortatori. Setelah ide-ide siswa terkumpul maka guru akan mengaplikasikan DARE sebagai strategi ketika menulis. Siswa dan guru bersama sama mengembangkan ide-ide yang telah terkumpul menjadi paragaraf-paragraf yang runtut dan akhirnya menjadi sebuah teks hortatory. Guru memberikan kebebasan kepada siswa untuk mengemukakan pendapat mereka mengenai sebuah topik atau isu yang dia sediakan. Setelah itu guru menuntun siswa dalam langkah-langkah penulisan. Dengan mengaplikasikan strategi ini dalam mengajar writing khususnya menulis teks hortatory guru akan mudah mengekplorasi ide-ide siswa dan mudah membantu mereka dalam mengembangkannya menjadi sebuah teks hortatori.

Kata kunci:Writing, hortatory, STOP and DARE strategy


Article Metrics

 Abstract Views : 491 times
 PDF Downloaded : 528 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)