THE ANALYSIS OF STUDENTS’ WRITING ABILITY IN A NARRATIVE TEXT AT SENIOR HIGH SCHOOL 3 BUKITTINGGI

Fauziatul Fitriani(1), Saunir Saun(2), Muhammad Al-Hafizh(3),
(1) FBS UNP  Indonesia
(2) FBS UNP  Indonesia
(3) FBS UNP  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c)

DOI : https://doi.org/10.24036/jelt.v3i1.4369

Full Text:    Language : en

Abstract


ABSTRAK

Kemampuan siswa kelas X SMA N 3 Bukittinggi dalam menulis tergolong masih rendah. Hal tersebut dilihat dari analisis nilai siswa dari tiga rater. Rendahnya nilai siswa dalam menulis disebabkan karena kurang nya pengetahuan siswa terhadap aspek –aspek yang perlu diperhatikan dalam menulis seperti compenent, organization, vocabulary, language use, mechanic. Dalam kesempatan ini penulis menganalisis nilai siswa melalui naratif teks.

Penelitian ini berteujuan unutuk mengetahui sejauh mana siswa memahami setiap aspek penulisan sehingga siswa mendapatkan nilai yang jauh lebih memuaskan untuk penulisan selanjutnya, setelah mngetahui kamampuan siswa dan guru bisa melihat dibagian asapek mana yang perlu ditingkatkan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas  X IPS yang berjumlah 147 orang dan sample dari penelitian ini sebanyak 23 orang. Pengumpulan data diambil dari tes menulis teks naratif.

Data dari penelitian ini berupa nilai writing test siswa dari kelompok sampel. Ditemukan hasil penelitian ini mengemukakan nilai yang didapatkan oleh siwa dalam aspek content sebanyak 68,79 dengan kualifikasi baik. Organization sebanyak 78,04 dengan kualifikasi baik, vocabulary sebanyak 76,73 dengan kualifikasi baik, language use sebanyak 62,08 dengan kualifikasi rata-rata sedangkan  mechanic 50,43 dengan kualifikasi rendah.

 

Kata Kunci:  Kemapuan menulis, narrative text.


Article Metrics

 Abstract Views : 429 times
 PDF Downloaded : 687 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)