USING THE WWH (WHAT-WHY-HOW) STRATEGY IN TEACHING WRITING AN ANALYTICAL EXPOSITION TEXT TO SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS
(1) FBS UNP  Indonesia
(2) FBS UNP  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c)
DOI : https://doi.org/10.24036/jelt.v3i1.4368
Full Text: Language : en
Abstract
Abstrak
Paper ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa kelas XI pada Sekolah Menengah Atas dalam menulis teks yang berbentuk analytical exposition dengan menggunakan strategi WWH (What-Why-How). Dalam mengimplementasikan strategi WWH, guru menggunakan sebuah tabel yang terdiri dari tiga kolom untuk mempermudah siswa dalam mengembangkan teks analytical exposition. Penggunaan strategi ini terbagi dalam beberapa tahap. Pertama siswa diminta untuk membuat sebuah tabel yang terdiri dari tiga kolom. Kolom pertama dinamakan What, kolom kedua dinamakan Why dan kolom terakhir dinamakan How. Selanjutnya, guru menjelaskan maksud dan memberikan contoh dari setiap kolom, agar siswa mengerti apa yang akan dikerjakan pada setiap kolom tersebut. Penerapan strategi WWH memiliki tiga keunggulan utama. Pertama, strategi WWH membantu siswa mengembangkan ide-ide siswa menjadi sebuah teks analytical exposition. Kedua, strategi WWH juga membantu siswa membuat teks analytical exposition tersusun dengan baik. Disamping itu, dengan menggunakan strategi WWH dapat membantu guru dalam mempermudah pengajaran menulis teks analytical exposition. Oleh karena itu, strategi WWH sangat sesuai diterapkan dalam pengajaran menulis teks analytical exposition di SMA.
Kata Kunci: Strategi WWH (What-Why-How), teks analytical exposition, kemampuan menulis.
Article Metrics
Abstract Views : 495 timesPDF Downloaded : 480 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)