THE USE OF THE TITANPAD WEB IN TEACHING WRITING A HORTATORY EXPOSITION TEXT AT SENIOR HIGH SCHOOL

Khairat Risman(1), Leni Marlina(2),
(1) FBS UNP  Indonesia
(2) FBS UNP  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c)

DOI : https://doi.org/10.24036/jelt.v3i1.4366

Full Text:    Language : en

Abstract


Abstrak

Makalah ini membahas tentang penggunaan TitanPad Website sebagai media dalam mengajar menulis sebuah  hortatory exposition text di kelas XI Sekolah Menengah Atas. Dalam menggunakan TitanPad, guru harus menyiapkan kelas khusus yang menyediakan komputer dengan akses internet dan projector. Dengan menggunakan TitanPad Website, siswa akan bekerja berkelompok dengan menggunakan komputer mereka masing-masing untuk menghasilkan sebuah hortatory exposition text melalui kegiatan collaborative writing. Kegiatan ini meliputi (1) brainstorming tentang topik yang diberikan; (2) planning idea yang akan dijadikan kerangka untuk menulis; (3) writing dimana siswa mulai menulis secara individu; (4) editing dimana siswa akan memberikan koreksi pada tulisan dari anggota kelompok dan (5) final product dimana tulisan siswa akan ditampilkan di depan kelas. Dengan menggunakan TitanPad Website, siswa akan dapat mengembangkan ide serta meningkatkan grammar mereka di dalam menulis sebuah hortatory exposition text. Guru juga dapat memantau pekerjaan pekerjaan siswa dengan TitanPad melalui komputernya. Oleh karena itu, TitanPad dapat menjadi sebuah media yang tepat dalam membantu guru memantau kegiatan siswa di dalam kelas dan membangkitkan minat siswa untuk bekerja bersama dalam menulis sebuah hortatory exposition text.

Kata kunci: TitanPad website, collaborative writing, hortatory exposition text


Article Metrics

 Abstract Views : 169 times
 PDF Downloaded : 61 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)