Abstract


Abstrak

Artikel ini membahas pengaruh Annotating Strategy terhadap pemahaman siswa kelas XI di SMAN 8 Padang dalam membaca teks monolog. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan desain yang disebut non-equivalent control group. Data penelitian berupa nilai Reading Comprehension Test dan dianalsis secara statistik dengan menggunakan t-test, Effect Size, dan ANOVA. Dari pengujian hipotesis dengan t-test (t0 = 14.95, df = 60, α = 0.05, dan tt = 2.00), dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan signifikan antara dua kelas sampel, dan strategi menganotasi yang digunakan kelas eksperimen membawa pengaruh yang lebih baik dibanding strategi yang digunakan kelas kontrol. Dari perhitungan Effect Size (ES = 3.60, r BESD = 0.87) diketahui bahwa strategi menganotasi berpengaruh besar pada pemahaman membaca. Dari perhitungan ANOVA (F0 =2.45, df = 2/99, α = 0.02 dan Ft = 4.82) dapat disimpulkan bahwa strategi menganotasi baik digunakan dalam membaca ketiga jenis teks yang diajarkan, yakni Hortatory Exposition, Narrative dan Spoof.

Kata Kunci: Strategi Menganotasi, Pemahaman, Teks Monolog