THE USE OF THE TELL ME WHAT YOU SEE TECHNIQUE IN TEACHING WRITING DESCRIPTIVE TEXT FOR JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

Yoanda Febti Ardyan(1), Saunir Saun(2),
(1) FBS UNP  Indonesia
(2) FBS UNP  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c)

DOI : https://doi.org/10.24036/jelt.v3i1.4361

Full Text:    Language : en

Abstract


Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan penggunaan tekhnik Tell Me What You See dalam pembelajaran menulis teks deskriptif. Kemampuan siswa SMP dalam memahami teks deskriptif masih sangat kurang disebabkan karena penggunaan tekhnik yang kurang menarik oleh guru dalam pengajaran. Dalam materi teks  deskriptif ini siswa dituntut untuk dapat mendeskripsikan objek, tokoh, dan tempat yang ada di lingkungan sekitar melalui tulisan. Untuk menstimulus siswa dalam menulis dipilih teknik pengajaran Tell Me What You See yang merupakan pengembangan dari teknik belajar visual internal. Teknik Tell Me What You See yaitu konsep pembelajaran dengan mengoptimalkan penglihatan terhadap objek yang dilihatnya dan mengeksplorasi imajinasinya, kemudian dituangkan oleh siswa melalui kata-kata lewat keterampilan berbicara sebelum dituangkan ke dalam bentuk tulisan. Tekhnik ini sangat cocok digunakan dalam pembelajaran teks deskriptif yang menuntut siswa berbicara mendeskripsikan suatu objek lalu menuliskannya. Melalui pembelajaran keterampilan menulis dengan menggunakan teknik Tell Me What You See ini dapat dijadikan pilihan untuk guru dalam menciptakan pembelajaran Bahasa Inggris yang efektif, kreatif, dan menyenangkan.

 

Key words: writing, the Tell Me What You See technique, descriptive text

 


Article Metrics

 Abstract Views : 432 times
 PDF Downloaded : 232 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)