TEACHING WRITING A DESCRIPTIVE TEXT THROUGH MY STORY MAKER MEDIA IN JUNIOR HIGH SCHOOL

Anggi Fitria Ningsih(1), Fitrawati Fitrawati(2),
(1) FBS UNP  Indonesia
(2) FBS UNP  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c)

DOI : https://doi.org/10.24036/jelt.v3i1.4304

Full Text:    Language : en

Abstract


Abstrak

Makalah ini memaparkan kemampuan menulis siswa dengan menggunakan website My StoryMaker pada siswa sekolah menengah pertama. Pengajaran menulis teks pada siswa menengah pertama merupakan suatu pembelajaran yang sulit dalam menciptakan ide dan kurangnya motivasi serta kreativitas untuk meningkatkan kemampuan menulis. Dalam makalah ini penulis mengajarkan menulis menggunakan website. My StoryMaker merupakan salah satu website yang dapat memotivasi,menginspirasi dalam pengajaran menulis teks. Website ini menyediakan gambar- gambar yang menarik, yang bisa dipilih siswa sesuai topik yang dipelajari. Website ini cocok digunakan dalam menulis deskriptif teks untuk siswa menengah pertama. Langkah-langkah dalam pengajaran menulis yaitu preparation, pre-teaching, whilst-teaching dan post-teaching. Pada preparation guru mempersiapkan materi, media ajar yang akan digunakan, dan rencana pengajaran. Pada pre-teaching guru mengaktifkan latar belakang pengetahuan siswa dengan memberikan ilustrasi yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Pada whilst-teaching guru menjelaskan struktur teks yang digunakan dalam penulisan teks deskriptif melalui salah satu teks dalam digital writing My StoryMaker tersebut,kemudian siswa memilih gambar dalam My StoryMaker berdasarkan arahan guru. Lalu siswa menuliskan dalam bentuk paragraf di website. Pada post-teaching guru menyimpulkan pelajaran Apabila siswa telah menulis menggunakan aplikasi ini, siswa bisa langsung mencetak hasil menulisnya dalam bentuk file pdf dan juga siswa bisa langsung mengirim email ke guru sehingga guru bisa mengoreksi hasil menulis siswa secara langsung.

 

Kata Kunci: Writing, my story maker media


Article Metrics

 Abstract Views : 534 times
 PDF Downloaded : 290 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)