Abstract


Abstrak

Makalah ini membahas tentang penggunaan Pictorial Story sebagai media pengajaran dalam menulis sebuah recount text yang difokuskan pada siswa kelas 2 Sekolah Menengah Pertama (SMP). Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada umumnya kesulitan dalam membuat sebuah recount text. Hal ini disebabkan karena siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) kesulitan mencari ide yang akan dikembangkanmenjadisebuahteks. Tidak adanya aktivitas dan media pembelajaran yang menuntun dan memotivasi siswa untuk menggunakan imajinasi dalam menemukan dan menyusun ide-ide tersebut juga menjadi penghalang dalam membuat recount text. Maka dari itu makalah ini mengusulkan penggunaan Pictorial Story untuk membantu siswa mengumpulkan ide-ide dan meningkatkan motivasi siswa dalam menulis sebuah recount text. Pictorial Story adalah salah satu media yang bisa membantu siswa dalam menulis bahasa Inggris. Pictorial Story ini terdiri dari beberapa gambar dan dijelaskan oleh sebuah cerita sehingga siswa akan termotivasi untuk menulis. Dengan memanfaatkan Pictorial Story sebagai media pembelajaran menulis recount text, siswa akan termotivasi untuk membuat cerita yang lebih menarik. Selain itu guru dapat membuat recount text sendiri sebagai materi pembelajaran dengan menggunakan Pictorial Story sehingga pembelajaran akan lebih menarik.

Kata Kunci: pengajaran menulis, teks recount, pengajaran di SMP, pictorial story media