Abstract


Abstrak

Makalah ini menjelaskan tentang bagaimana menggunakan game atau permainan yang disebut dengan the game of truth dalam mengajarkan speaking atau berbicara di dalam kelas pada siswa menengah pertama. Permainan ini akan meningkatkan minat siswa dalam belajar keterampilan berbicara sehingga ini akan berdampak baik terhadap peningkatan kemampuan siswa dalam bahasa Inggris khususnya keterampilan berbicara. Dalam permainan ini siswa berlomba dalam menyampaikan ceritanya sendiri dari beberapa topik yang diberikan oleh guru atau terhadap siswa yang telah diberikan tugas oleh guru untuk melakukannya. Di dalam melakukan permainan ini siswa melakukan secara berkelompok atau individu. Langkah-langkah dalam pengajaran kemampuan berbicara dengan menggunakan permainan ini yaitu preparation dimana guru mempersiapkan topik yang cocok dengan game ini yaitu menceritakan atau mendeskripsikan kejadian sebenarnya kepada siswa. Dalam strategi ini, realita kehidupan sehari-hari bisa digunakan sebagai bahan ajar dalam proses belajar mengajar di kelas. Pada pre-teaching guru memberikan cerita tentang suatu kejadian (fakta) untuk mengaktifkan pengatahuan tentang mendiskripsikan suatu kejadian yang di alami oleh siswa. Dalam whilst-teaching guru memberikan kata-kata kunci (clues) yang akan di yang di gunakan oleh siswa untuk dapat menceritakan suatu kejadian berdasarkan topic atau kata kunci yang telah di dapatkan oleh masing-masing siswa, setelah itu baru guru mengajak siswa untuk memainkan permainan the game of truth ini. Dan pada post-teaching guru menyimpulkan pelajaran pada hari tersebut dan diakhiri dengan memutarkan sebuah video lagu.

Kata Kunci: pengajaran berbicara, dengan menggunakan game, pengajaran di SMP,the of truth.