TEACHING RECOUNT TEXT BY USING THE SCENE OF MOVIE LIFE OF PI IN TEACHING SPEAKING FOR JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENT

Lidya Fatwa Hakim(1), Havid Ardi(2),
(1) FBS UNP  Indonesia
(2) FBS UNP  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c)

DOI : https://doi.org/10.24036/jelt.v3i1.4297

Full Text:    Language : en

Abstract


Abstrak

Makalah ini bertujuan untuk menjelaskan penggunaan Scene Life of Pi sebagai media dalam pengajaran berbicara. Ada dua persiapan yang dilakukan oleh guru sebelum mengajar Recount text yakni persiapan rencana pelaksanaan pembelajaran dan persiapan film itu sendiri. Selanjutnya pelaksanaan terdiri dari 3 tahap utama yakni pre-teaching activities, whilst-teaching activities, dan post-teaching activities. Dalam kegiatan whilst-teaching terdapat 5 tahapan yakni observing, questioning, associating, experimenting dan communicating. Penggunaan scene dari film Life of Pi membantu siswa untuk melihat bagaimana penutur asli berkomunikasi dalam kehidupan mereka. Siswa diputarkan beberapa bagian dari movie tersebut sehingga nantinya siswa akan melihat contoh nyata bagaiamana karakter menceritakan pengalalaman hidupnya. Setelah itu, siswa diminta untuk membentuk kelompok yang terdiri dari empat orang siswa. Guru memberikan beberapa pertanyaan sebagai panduan. Kemudian guru memberi instruksi kepada siswa untuk menanyakan apa saja kegiatan mereka pada masa lalu. Setelah itu guru meminta siswa untuk memcari simple past tense di dalam sebuah text. Hal ini bertujuan agar siswa memahami penggunaan simple past tense di dalam sebuah text. Sehingga nantinya siswa bisa menggunakan simple past tense ketika praktek berbicara secara berpasangan. Jadi dengan menggunakan scene Life of Pi sebagai media siswa bisa melihat model penutur asli berbicara dan bisa melihat bagaimana penutur asli menceritakan pengalaman pribadinya kepada orang lain.

 

Kata Kunci: pengajaran berbicara, teks recount, pengajaran di SMP, scene Life of Pi.


Article Metrics

 Abstract Views : 568 times
 PDF Downloaded : 209 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)