TEACHING DESCRIPTIVE TEXT BY USING RAINBOW CARDS IN TEACHING SPEAKING FOR JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENT
(1) FBS UNP  Indonesia
(2)   Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c)
DOI : https://doi.org/10.24036/jelt.v3i1.4296
Full Text: Language : en
Abstract
Abstrak
Makalah ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana penggunaan Rainbow Cards sebagai media dalam pengajaran berbicara di dalam kelas pada siswa menengah pertama. Hal ini dilatar belakangi masalah dihadapi oleh siswa yaitu mereka kesulitan dalam mengungkapkan dan mengembangkan ide mereka. Hal ini membuat mereka tidak bersemangat dan tidak termotivasi untuk berbicara. Untuk mengatasi masalah ini seorang guru harus mencari dan menggunakan strategi yang cocok dalam mengajar speaking. Salah satu media yang dapat diterapkan adalah dengan menggunakan rainbow cards. Rainbow Cards adalah kartu yang dibuat berwarna – warni yang berukuran segi empat. Melalui media ‘’ Rainbow Cards’’ ini siswa akan diberikan beberapa plihan kartu yang ada di rainbow cards kemudian dari kartu tersebut siswa diajak untuk mengeksplorasi warna dengan tokoh, sifat, tempat yang mereka ingat terkait warna tersebut. Hal ini membantu siswa berbicara karena di dalam rainbow cards tersebut dibagian depannya juga ada gambar kemudian dibagian belakangnya ada kata kunci jadi melalui kata bantu tersebut siswa bisa mengembangkan idenya untuk berbicara dalam mendeskripsikan gambar yang ada di dalam kartu dengan menggunakan descriptive text.
Kata Kunci: pengajaran berbicara, teks descriptive, pengajaran di SMP, Rainbow Cards
Article Metrics
Abstract Views : 415 timesPDF Downloaded : 398 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)