USING CHAIN STORY GAME IN TEACHING WRITING NARRATIVE TEXT TO SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

Vira Hidayani(1), Muhammad Al-Hafizh(2),
(1) FBS UNP  Indonesia
(2) FBS UNP  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c)

DOI : https://doi.org/10.24036/jelt.v2i3.4291

Abstract


Abstrak

Pada makalah ini, penulis membahas tentang penggunaan permainan berbentuk cerita berantai atau chain story, sebagai strategi dalam pembelajaran writing narrative text. Permainan ini bisa dilaksanakan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih terhadap materi yang telah dipelajari. Pada permainan ini siswa akan dibagi kedalam 4 kelompok. Sebelum permainan dimulai guru menjelaskan aturan main terlebih dahulu. Tiap-tiap kelompok harus menulis cerita secara bergiliran dengan mengikuti alur cerita yang telah ditulis terlebih dahulu oleh anggota kelompoknya. Dengan waktu yang dibatasi, tiap-tiap mereka akan berlomba menyelesaikan cerita mereka dengan kreativitas mereka sendiri. Cerita yang dibuat haruslah koheren satu dengan yang lain dan mendapatkan reward bagi yang mendapatkan skor tertinggi. Selama permainan ini seluruh siswa tidak hanya sekedar berpartisipasi, tapi juga mengasah daya berpikir mereka dalam membuat cerita atau menulis dan tanpa mereka sadari mereka pun belajar sambil bermain sehingga tidak adanya timbul rasa bosan atau jenuh dalam belajar writing.


Article Metrics

 Abstract Views : 2151 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)