THE USE OF QtA (QUESTIONING THE AUTHOR) IN TEACHING READING COMPREHENSION TO SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

Lisa Rahayu(1), Ratmanida Ratmanida(2),
(1) FBS UNP  Indonesia
(2) FBS UNP  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c)

DOI : https://doi.org/10.24036/jelt.v2i3.4290

Full Text:    Language : en

Abstract


Abstract

 

Pada saat ini sistem pengajaran sudah semakin berkembang. Begitu pula dalam pengajaran bahasa Inggris. Namun dari keempat keterampilan berbahasa yaitu mendengar (listening), berbicara (speaking), membaca (reading) dan menulis (writing),pengajaran reading terutama di SMP masih banyak memiliki kendala, terutama pada metode pembelajarannya. Siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami materi berbahasa Inggris dalam bentuk tertulis secara maksimal. Oleh karena itu, makalah ini membahas penggunaan QtA (Questioning the Author) sebagai sebuah strategi yang dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan pemahaman membaca siswa. Dalam penggunaan strategi ini, guru memberikan sebuah teks yang akan dibaca siswa bersama-sama setelah sebelumnya membagi teks tersebut dalam beberapa bagian. Kemudian guru mengajukan queries (pertanyaan diskusi pada QtA) pada setiap bagian yang berfungsi membantu siswa memahami teks tersebut. Jawaban yang diberikan siswa akan direspon guru dalam bentuk diskusi. Manfaat dari penggunaan QtA ini adalah untuk membantu siswa membangun pemahaman makna teks yang sedang mereka baca melalui queries dengan mempertimbangkan sudut pandang dan tujuan penulis.

Kata Kunci: reading, reading comprehension, questioning the author, queries

Article Metrics

 Abstract Views : 360 times
 PDF Downloaded : 230 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)