TEACHING WRITING DESCRIPTIVE TEXT BY USING CROSSWORD PUZZLE FOR SECOND GRADE OF JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS
(1)   Indonesia
(2)   Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c)
DOI : https://doi.org/10.24036/jelt.v2i2.3720
Full Text: Language : en
Abstract
Abstrak
Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk membahas bagaimana pengajaran menulis teks deskriptif dengan menggunakan media teka-teki silang. Teka-teki silang ini dapat digunakan sebagai media alternatif dalam mengajar menulis teks deskriptif untuk siswa di kelas II SMP. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan teka-teki silang dalam menulis teks deskriptif melalui dua tahapan utama. Pertama adalah tahap persiapan. Dalam tahap ini, guru mempersiapkan teka-teki tertentu yang akan digunakan dalam mengajar menulis teks deskriptif. Tahap kedua adalah tahapan pengajaran. Tahap ini terdiri dari pre-teaching, whilst-teaching dan post-teaching. Dalam pre-teaching, guru melakukan kegiatan Brainstorming yang dapat mengaktifkan latar belakang pengetahuan siswa tentang teks deskriptif. Whilst teaching dibagi menjadi tiga bagian: (1) eksplorasi, (2) elaborasi dan (3) konfirmasi. Guru menggunakan teka-teki silang dan siswa akan memecahkan teka-teki silang pada bagian elaborasi. Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang tersedia pada teka-teki silang, para siswa secara otomatis akan mendapatkan kosa kata yang diperlukan dalam menulis teks deskriptif. Selain itu, siswa akan menulis teks deskriptif berdasarkan kosa kata pada teka-teki silang. Manfaat utama dari penggunaan teka-teki silang dalam mengajar menulis teks deskriptif adalah untuk memperkaya kosakata serta untuk meningkatkan minat siswa dalam menulis. Oleh karena itu, teka-teki silang adalah media yang tepat dalam mengajar menulis teks deskriptif.
Key Words: teaching writing, descriptive text, crossword puzzle, Junior High School students
Article Metrics
Abstract Views : 1360 timesPDF Downloaded : 2663 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)