WORDLE (WORD CLOUD) PREDICTION ACTIVITY AT JUNIOR HIGH SCHOOLS

Monalisa Monalisa(1), Muhammad Al-Hafizh(2),
(1)   Indonesia
(2)   Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c)

DOI : https://doi.org/10.24036/jelt.v2i2.3719

Full Text:    Language : en

Abstract


Abstrak

Salah satu tujuan dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP 2006) mata pelajaran bahasa Inggris adalah siswa mampu menulis. Oleh karena itu, siswa harus mampu menulis teks monolog sesuai dengan tuntutan kurikulum. Namun, seringkali ditemui siswa mengalami masalah pada saat menulis. Karena siswa merasa mereka tidak punya ide tentang topik yang diberikan atau kurangnya informasi dari topik yang diberikan yang akan mereka tulis, khususnya pada teks deskriptif. Makalah ini menjelaskan tentang penggunaan wordle prediction activity sebagai salah satu kegiatan yang menarik dalam menulis. Kegiatan ini di aplikasikan dalam pengajaran menulis teks deskriptif dikelas untuk membantu mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh siswa dengan memberikan cetakan atau gambar dari kata-kata yang telah diubah menjadi wordle atau word cloud. Kegiatan ini digunakan dalam kegiatan pre writing activity. Dengan menggunakan kegiatan ini diharapkan siswa mampu menulis teks deskriptif dengan baik dan benar.

Kata kunci: teaching, writing, descriptive text, wordle prediction,  junior high schools


Article Metrics

 Abstract Views : 495 times
 PDF Downloaded : 122 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)