USING IMAGERY STRATEGY IN TEACHING WRITING A DESCRIPTIVE TEXT TO JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

Fitria Ulfa(1), Rusdi Noor Rosa(2),
(1)   Indonesia
(2)   Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c)

DOI : https://doi.org/10.24036/jelt.v2i2.3711

Full Text:    Language : en

Abstract


Abstrak

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk membahas bagaimana pengajaran menulis teks deskriptif dengan menggunakan strategi imagery. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan strategi imagery ini harus melalui dua tahapan utama. Pertama adalah tahap persiapan. Dalam tahap ini guru mempersiapkan segala materi dan topik yang sesuai dengan tingkat siswa kemudian mempersiapkan pertanyaan-pertanyaan untuk menuntun siswa mengembangkan ide-ide dalam menulis teks deskriptif. Tahap kedua adalah prosedur mengajar. Tahap ini terdiri dari tiga proses yaitu; pre-teaching, whilst-teaching dan post-teaching. Dalam pre-teaching, guru melakukan kegiatan warming up yang dapat mengaktifkan latar belakang pengetahuan siswa tentang teks deskriptif. Whilst-teaching dibagi menjadi tiga bagian: (1) eksplorasi; (2) elaborasi dan; (3) konfirmasi. Guru akan menggunakan strategi imagery pada bagian eksplorasi dan siswa disuruh mengaplikasikan strategi ini pada bagian elaborasi. Pada proses post-teaching guru menyimpulkan materi yang telah diajarkan dan menutup pelajaran.

Kata Kunci: imagery, teaching writing, descriptive text, Junior High School students.


Article Metrics

 Abstract Views : 977 times
 PDF Downloaded : 779 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)