USING OPINIONNAIRES STRATEGY IN TEACHING WRITING A DISCUSSION TEXT TO SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

Evalia Batubara(1), Rusdi Noor Rosa(2),
(1)   Indonesia
(2)   Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c)

DOI : https://doi.org/10.24036/jelt.v2i2.3706

Full Text:    Language : en

Abstract


Abstrak

Salah satu tujuan dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP 2006) mata pelajaran bahasa inggris adalah mampu menulis bagi siswa/siswi di sekolah tinggi menengah keatas. Sehingga, siswa harus bisa dan mampu menulis teks monolog sesuai dengan tuntutan kurikulum. Namun, seringkali ditemui siswa yang mengalami masalah pada saat menulis. Karena siswa merasa mereka tidak punya ide tentang topik yang diberikan atau yang akan ditulis, khususnya pada discussion text. Dalam hal ini guru hendaknya bisa menggunakan strategi yang bisa membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan menulis discussion text. Makalah ini menjelaskan tentang penggunaan strategi Opinionnaires sebagai salah satu strategi menulis. Strategi ini diaplikasikan dalam pengajaran menulis Discussion text dikelas untuk membantu mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh siswa dengan memberikan lembaran opinionnaires. Didalam penggunaan strategi ini ada beberapa tahap yang perlu dilakukan, yaitu pre-teaching, whilst-teaching (pre-writing to arrange or warm up the ideas – opinionnaires, writing a draft to divide it, and writing as the final), dan post-teaching. Dengan menggunakan strategi ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pelajaran menulis khususnya pada discussion text, sehingga siswa mampu menulis teks ini dengan baik dan benar.

Kata Kunci: teaching writing, opinionnaires strategy, senior high school students


Article Metrics

 Abstract Views : 219 times
 PDF Downloaded : 190 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)