TEACHING SPEAKING A NARRATIVE TEXT USING CONSCIENCE ALLEY STRATEGY TO SENIOR HIGH SCHOOL

Andre Akmameri(1), Don Narius(2),
(1)   Indonesia
(2)   Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c)

DOI : https://doi.org/10.24036/jelt.v2i2.3702

Full Text:    Language : en

Abstract


Abstrak

Makalah ini akan membahas tentang strategi yang dapat membantu siswa dalam meningkatkan keterampilan berbicara untuk siswa Sekolah Menengah Atas. Salah satu strategi yang digunakan dalam keterampilan ini untuk siswa Sekolah Menengah Atas adalah dengan menerapkan strategi CONSCIENCE ALLEY. CONSCIENCE ALLEY adalah salah satu strategi yang menarik yang dapat membantu siswa untuk dapat berbicara menggunakan bahasa Inggris. Dalam strategi ini, guru meminta siswa berdiri di depan kelas dalam dua barisan yang saling berhadap-hadapan membentuk sebuah lorong di tengahnya. Kemudian siswa  diminta untuk membuat dan menampilkan kegiatan mereka berdasarkan topik atau tema, sangat membantu untuk menghubungkan suatu topik permasalahan dengan simulasi kejadian dan skenario penyelesaian yang sudah disampaikan guru sebelumnya di kelas. Sehingga siswa bisa menjadi lebih aktif dalam berbicara dan memiliki kesempatan untuk menggali tanggapan emosi siswa menjadi tindakan nyata yang menghubungkan situasi kejadian sekaligus menggunakan bahasa tubuh serta teknik suara untuk membantu dalam menyampaikan konflik permasalahan berikut aktivitas fisiknya.

Melalui strategi ini, guru dapat memberikan beberapa dampak yang positif bagi siswa, diantaranya adalah siswa tidak akan beranggapan lagi bahwa berbicara dalam Bahasa Inggris adalah keterampilan yang sulit dan sangat membosankan. Strategi ini akan membuat mereka lebih percaya diri dan aktif dalam belajar berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris.

Key terms:  Strategi Conscience Alley, keterampilan berbicara.


Article Metrics

 Abstract Views : 478 times
 PDF Downloaded : 208 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)