Using Shaun the Sheep Silent Cartoon Movie as Media in Teaching Speaking a Recount Text at Junior High School

Fitri Nengsih(1), Rima Andriani Sari(2),
(1) Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris FBS UNP  Indonesia
(2) FBS Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c)

DOI : https://doi.org/10.24036/jelt.v1i1.350

Full Text:    Language : en

Abstract


Artikel ini membahas penggunaan suatu media pengajaran dalam berbicara sebuah recount text dengan menonton kartun Shaun the Sheep yang difokuskan pada siswa kelas II SMP. Kartun Shaun the Sheep menceritakan bagaimana kehidupan sekelompok domba atau biri-biri dengan para sahabat lainnya. Ini dapat dikembangkan menjadi suatu recount text tentang pengalaman, kegiatan dan aktifitas yang dilakukan oleh Shaun dan para sahabatnya. Siswa akan termotivasi dan aktif untuk menyampaikan pendapat mereka, menceritakan kembali dan memberikan kesimpulan dari alur cerita kartun Shaun the Sheep kedalam bentuk recount text. Guru juga akan lebih mudah dalam mengajarkan struktur penulisan recount text tersebut. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan kartun Shaun the Sheep dapat digunakan sebagai media dalam pengajaran berbicara sebuah recount text. Penggunaan suatu media sangat dianjurkan untuk menunjang kelangsungan proses belajar mengajar dan menarik perhatian siswa untuk belajar aktif dan memahami pelajaran dengan mudah.

 

Kata kunci: Shaun the Sheep, silent cartoon movie, media, speaking, recount text.


Article Metrics

 Abstract Views : 466 times
 PDF Downloaded : 1210 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)