AN ANALYSIS OF STUDENTS’ ABILITY IN USING INDEFINITE AND DEFINITE ADJECTIVES/PRONOUNS AND THEIR PERCEPTION ON THE TEACHING-LEARNING PROCESSES

Sadam Husein(1), Amri Isyam(2), Fitrawati Fitrawati(3),
(1) FBS UNP  Indonesia
(2) FBS UNP  Indonesia
(3) FBS UNP  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c)

DOI : https://doi.org/10.24036/jelt.v2i1.2634

Full Text:    Language : en

Abstract


Abstrak


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan grammar mahasiswa dalam menggunakan one, another, the other, other, others, and the others as indefinite and definite adjectives/pronouns serta persepsi mereka dalam proses perkuliahan. Sampel penelitian ini adalah 30 orang mahasiswa tingkat II Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris tahun masuk 2011/2012 yang diambil secara acak. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mendapatkan data adalah tes grammar dimana mahasiswa diminta untuk mengisi kalimat rumpang dengan one, another, the other, other, others, atau the others. Waktu yang diberikan untuk mengerjakan tes adalah 90 menit. Untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang proses perkuliahan, mereka diminta untuk mengisi angket yang berisi 19 pernyataan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan grammar mahasiswa dalam menggunakan one, another, the other, other, others, dan the others adalah lemah (47.72%). Hal ini dibuktikan dari hasil pengisian angket oleh mahasiswa bahwa lemahnya kemampuan mahasiswa disebabkan oleh materi yang terlalu sedikit penjelasannya dan ketertarikan dan motivasi mahasiswa untuk belajar yang terlalu lemah.

Key words: Indefinite adjective, definite adjective, indefinite pronoun, definite pronoun, perception


Article Metrics

 Abstract Views : 387 times
 PDF Downloaded : 131 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)