Abstract


Abstrak

Makalah ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan speaking siswa SMA melalui cara pengajaran kreatif dengan menggunakan Stand-up Comedy. Melalui Stand-up Comedy siswa dapat menampilkan cerita cerita lucu atau komedi dengan bentuk narrative, recount dan spoof di depan umum. Di dalam Makalah ini dibahas tentang aktivitas siswa SMA melalui stand-up comedy untuk meningkatkan kelancaran (fluency), intonasi (intonation) dan pengucapan (pronunciation). Langkah- langkah pengajaran yang ada pada aktivitas ini pertama adalah modeling dimana guru akan menuntun siswa pengenalan informasi tentang stand-up comedy. Kedua, select the topic yaitu guru mendiskusikan topik yang akan dipelajari dalam stand-up comedy bersama siswa. Ketiga, dilanjutkan dengan set the joke dimana guru menuntun siswa untuk membuat konsep dan naskah dari joke, dan bagaimana mempraktekkannya. Keempat, practicing a performance yaitu guru memberikan waktu kepada siswa untuk mempraktekkan stand-up comedy dengan siswa lainnya. Kemudian yang terakhir adalah practicing a delivery dimana guru meminta siswa untuk menampilkan stand-up comedy di depan kelas.

Key Words: Teaching Speaking, Stand-up Comedy, Stand-up Comedy for teaching speaking, Teaching Speaking in Senior High School