JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS’ LEARNING STRATEGIES AND THEIR ACHIEVEMENT IN SPEAKING: A CASE STUDY AT SMP NEGERI 3 PADANG PANJANG
(1) FBS UNP  Indonesia
(2) FBS UNP  Indonesia
(3) FBS UNP  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c)
DOI : https://doi.org/10.24036/jelt.v2i1.2629
Full Text: Language : en
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melihat tipe strategi belajar yang paling banyak digunakan oleh siswa. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk melihat bagaimana kemampuan bahasa Inggris siswa melalui strategi belajar yang mereka terapkan dalam belajar. Metode penelitian deskriptif digunakan dalam penelitian ini yang melibatkan 50 siswa kelas 8 SMP Negeri 3 Padang Panjang sebagai sumber data penelitian. Angket digunakan dalam penelitian ini untuk mengumpulkan informasi mengenai strategi belajar siswa. Data dari angket dianalisa untuk mengetahui strategi yang paling banyak digunakan siswa. Kemudian data tersebut dibandingkan dengan nilai siswa untuk melihat kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Inggris melalui strategi yang digunakan. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa sebagian besar siswa memilih metacognitive strategi sebagai strategi yang mereka gunakan dalam belajar. Selain itu, dari analisa nilai siswa, sebagian besar siswa yang mendapatkan nilai tertinggi dalam berbicara bahasa Inggris menggunakan metacognitive strategi dalam belajar. Melalui metacognitive strategi, siswa dimudahkan untuk mengevaluasi kemampuan mereka sehingga mereka dapat mengetahui apa yang harus mereka tingkatkan dan bagaimana mereka meningkatkan belajar mereka.
Key Words: learning strategies, learning strategies for speaking, learning achievement
Article Metrics
Abstract Views : 880 timesPDF Downloaded : 511 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)