TEACHING SPEAKING THROUGH “THE TRUE OR FALSE GAME” FOR JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

Susi Ramadani(1), Saunir Saun(2),
(1) FBS UNP  Indonesia
(2) FBS UNP  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c)

DOI : https://doi.org/10.24036/jelt.v2i1.2626

Full Text:    Language : en

Abstract


Abstrak


Pengajaran berbicara bertujuan untuk melatih siswa agar mampu berkomunikasi dalam Bahasa Inggris dengan lancar dan benar. Namun kenyataan dilapangan masih banyak siswa mengalami kesulitan berbicara dalam Bahasa Inggris. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor seperti: kurangnya kosakata yang dimiliki siswa, siswa takut salah dalam berbicara, dan siswa lebih cenderung menggunakan bahasa ibu. Oleh karena itu, makalah ini membahas salah satu teknik yang dapat digunakan dalam mengajar keterampilan berbicara melalui permainan True or False. Pada makalah ini penulis mengambil topik mendeskripsikan orang. Dalam permainan ini siswa disuruh menulis sebuah paragraf deskriptif pendek dan menulis tiga buah pernyataan tentang paragraf tersebut. Pernyataan tersebut terdiri dari dua buah pernyataan yang benar dan satu yang salah. Kemudian, mereka disuruh menandai pernyataan yang salah dengan tanda silang. Masing-masing siswa disuruh untuk menampilkan teks di depan kelas dan pernyataan secara bergiliran. Diakhir giliran tiap siswa, anggota kelompok yang lain ditanya pernyataan mana yang menurut mereka salah. Dengan demikian, True or False game diharapkan dapat memberikan kontribusi yang lebih baik dalam pengajaran berbicara teks descriptive bagi siswa di SMP.

Key words: teaching speaking, true or false game, junior high school students


Article Metrics

 Abstract Views : 677 times
 PDF Downloaded : 140 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)