Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa tentang penggunaan bahasa Inggris dikelas bilingual dan mengetahui penyebab bagus dan buruk persepsi siswa tersebut. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas bilingual tahun ajaran 2012/2013 di SMP N 1 2X11 Enam Lingkung. Sampel berjumlah sebanyak 74 siswa diambil dengan menggunakan teknik total sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket dan interview. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 43 siswa memiliki persepsi buruk (poor), 30 siswa memiliki persepsi bagus (good) dan 1 siswa memiliki persepsi sangat bagus (very good). Diperoleh skor rata-rata yaitu 2.63. Skor ini menunjukkan bahwa persepsi siswa bagus (good). 6 siswa yang memiliki persepsi bagus dan buruk di interview untuk mengetahui alasan kenapa mereka memiliki persepsi yang seperti itu. Hasil interview menunjukkan bahwa siswa yang memiliki persepsi bagus menyenangi pembelajaran yang menggunakan bahasa Inggris di kelas bilingual. Jadi, dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa tentang penggunaan bahasa Inggris di kelas bilingual bagus.

Key Words: Students’ perception, Bilingual class