USING PICTURE CUBE AS A MEDIA IN TEACHING WRITING TO ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS

Novia Rita(1), An Fauzia Rozani Syafe'i(2),
(1) FBS UNP  Indonesia
(2) FBS UNP  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c)

DOI : https://doi.org/10.24036/jelt.v2i1.2610

Full Text:    Language : en

Abstract


Abstrak

Dalam makalah ini didiskusikan pengajaran writing melalui penggunaan Picture cube kepada siswa sekolah dasar. Pada Picture cube terdapat enam gambar yang berbeda yang di tempelkan pada cube dengan topik pet animal. Dalam penggunaannya, Picture cube itu di putarkan dari satu siswa ke siswa yang lain dalam satu kelompok yang beranggotakan 6 siswa. Cube di putar dalam hitungan 60 detik dan siswa memilih satu gambar untuk kelompok satu dan seterusnya. Apabila kelompok satu mendapatkan gambar tentang cat, maka mereka harus mengerjakan writing activity yang ada pada students sheet round 1 tentang cat, demikian seterusnya. Setelah selesai dilanjutkan dengan round 2, siswa diminta kembali memutar cube seperti activity 1 untuk menentukan topik apa yang akan di buat masing-masing kelompok. Setelah selesai, siswa diminta untuk mengerjakan tugas di round 3. Di round ini siswa tidak memutar cube karena hanya ada satu topik untuk semua siswa dengan tingkat kesulitan yang berbeda dengan round 1 dan 2. Setelah selesai, siswa diminta mengumpulkan student sheet untuk di koreksi.

Key Words: teaching writing, picture cube, media, elementary school


Article Metrics

 Abstract Views : 355 times
 PDF Downloaded : 71 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)