Abstract


Abstrak


Makalah ini memaparkan bagaimana menerapkan character education dalam kelas dengan menggunakan keterampilan membaca teks hortatory. Pada awal pembelajaran, guru memodelkan salah satu karakter yang perlu dimiliki siswa kemudian agar siswa mempunyai kreatifitas dalam berfikir, guru menampilkan sebuah gambar dan meminta pendapat mereka tentang gambar tersebut. Setelah itu, guru memberikan sebuah teks hortatory yang berkaitan dengan gambar dan character education di dalamnya. Guru membimbimbing siswa untuk bisa memahami isi teks dan berdiskusi tentang apa yang dibahas di dalam teks dengan melibatkan atau memperkenalkan beberapa character education dalam proses pengajarannya.Untuk membuat siswa lebih paham terhadap teks yang mereka baca, guru menyuruh siswa untuk berdiskusi dengan kelompoknya membuat sebuah tulisan tentang kesimpulan dari isi teks tersebut dengan menggunakan bahasa mereka sendiri dan melaporkannya di depan kelas. Selain itu, guru juga dapat memperkenalkan character education tersebut melalui langkah pembelajaran yang diterapkan. Penerapan character education dalam pembelajaran reading ini dapat menghasilkan siswa yang memiliki karakter yang baik sehingga sekolah dan masyarakat yang baik juga dapat terwujud.

Kata Kunci: character education, reading, hortatory text