Abstract


Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk memaparkan salah satu materi pengajaran reading di Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan menggunakan iklan. Artikel ini lebih spesifik membahas mengenai idiom yang terdapat dalam functional text khususnya iklan. Idiom merupakan satuan bahasa atau ekspresi (bisa berupa kata, frase, maupun kalimat) yang maknanya tidak dapat ditebak dari makna leksikal kata-kata yang membentuknya. Jika idiom diartikan secara terpisah bisa membelokkan makna dari bacaan yang sebenarnya.Terkadang dengan kemunculan idiom ini dapat menyebabkan siswa menjadi bingung dalam memahami isi bacaannya. Hal ini disebabkan juga karena idiom jarang sekali digunakan secara lebih specifik pada saat pengajaran bahasa Inggris. Karena itu,penulis tertarik untuk membahas topik ini karena idiom penting untuk dipelajari. Oleh karena itu,dalam makalah ini penulis mendiskusikan tentang tahap-tahap pengajaran functional text dengan menggunakan iklan. Tentu saja, dengan menggunakan iklan dalam pengajaran reading, diharapkan siswa akan dapat lebih memahami functional text yang mengandung idiom khususnya iklan. Secara tidak langsung juga akan menambah penguasaan kosakata siswa.

Key words: Idioms,functional text, advertisement