Abstract


Abstrak


Keterampilan menulis adalah salah satu keterampilan yang paling mendasar bagi semua siswa di tingkat Sekolah Menengah Atas. Namun ada beberapa permasalahan yang sering kali muncul di dalam pengajaran keterampilan menulis, terutama dalam menulis teks Hortatory Exposition, seperti terbatasnya kemampuan siswa dalam mengetahui kosakata bahasa Inggris, kurangnya pemahaman mereka dalam menggunakan tata bahasa yang baik, serta faktor ketidaknyamanan kelas yang munculakibat perlunya pembaharuan dan kreatifitas guru dalam mengelola proses pembelajaran di dalam kelas. Agar siswa dapat menulis secara terarah dan lebih baik, penulis memilih teknik PQP ( Praise – Question – Polish ) sebagai teknik untuk mengajarkan keterampilan menulis bagi siswa.Di dalam prosesnya teknik ini akan meliputi pujian (praise), pertanyaan (question), dan saran/kritikan (polish), serta ide-ide dari pembaca sehingga siswa bisa menulis teks dengan lebih baik. Penulis juga berharap agar teknik ini dapat memberikan kontribusi positif bagi guru dalam mengajarkan kemampuan menulis serta bisa meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis.


Key words: keterampilan menulis, praise-question-polish (PQP) teknik,Hortatory Exposition,