THE USE OF RIDER (READ OR LISTEN, IMAGE, DESCRIBE, EVALUATE AND REPEAT) STRATEGY IN TEACHING LISTENING DESCRIPTIVE TEXT AT JUNIOR HIGH SCHOOL

Diana Novita(1), Sunaryo Sunaryo(2),
(1) FBS UNP  Indonesia
(2) FBS UNP  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c)

DOI : https://doi.org/10.24036/jelt.v2i1.2587

Full Text:    Language : en

Abstract


Abstrak


Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk menjelaskan penerapan RIDER strategi guna memotivasi siswa dan meningkatkan kemampuan mendengar siswa dalam belajar mendengarkan teks descriptive pada satuan pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP). RIDER (Read or listen, Image, Describe, Evaluate and Repeat) strategi merupakan salah satu strategi alternatif yang bisa digunakan oleh guru dalam meningkatkan keterampilan mendegarkan teks descriptive. Strategi ini terdiri dari beberapa langkah. Pertama, Read or Listen, yakni siswa mendengarkan teks descriptive tersebut. Kedua Image, yakni para siswa membayangkan apa yang sudah didengarnya. Ketiga, Describe, siswa menuangkan apa yang sudah dibayangkannya pada langkah sebelumnya dalam bentuk kata kata dan gambar. Keempat, Evaluate, siswa mengevaluasi apa yang telah dibuatnya dan juga didengarnya. Kelima, Repeat, siswa melakukan pengulangan kembali, dimulai dari langkah awal hingga langkah keempat. Dengan demikian, RIDER strategy diharapkan dapat memberikan kontribusi yang lebih baik dalam pengajaran mendengarkan teks descriptive bagi siswa di SMP.


Key words: RIDER strategy, teks descriptive


Article Metrics

 Abstract Views : 689 times
 PDF Downloaded : 162 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)