MAKING USE ELT-RAP IN STUDYING INTERPERSONAL AND TRANSACTIONAL TEXTS FOR SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS
(1) FBS UNP  Indonesia
(2) FBS UNP  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c)
DOI : https://doi.org/10.24036/jelt.v2i1.2582
Abstract
Abstrak
Makalah ini menyajikan teori-teori dan alasan menggunakan English Language Teaching Rap (ELT-Rap) dalam pembelajaran bahasa Inggris dalam hal ini keahlian berbicara pada teks Interpersonal dan Transactional untuk siswa sekolah menengah atas. ELT-Rap adalah belajar bahasa inggris dimana music Rap dilibatkan dalam kegiatan-kegiatan pembelajaran. Selanjutnya, makalah ini membahas alasan, manfaat, dan prosedur penggunaan dari ELT-Rap sebagai kegiatan berkelanjutan dalam pembelajaran yang mengeksplorasi teks. Dalam pembahasannya, terdapat keterangan lebih mendalam atas manfaat dari ELT-Rap dari sisi berbicara dengan konteks yang lebih nyata dan keadaan yang lebih santai, pengembangan keahlian fonem, pengetahuan fonologi, penguasaan perbendaharaan kata, dan mengiramakan dialog menjadi bentuk pembelajaran yang menarik. Makalah Ini juga membahas manfaat yang diberikan selain dari sisi penguasaan bahasa dan juga dari sisi manajemen kelas diantaranya penyusunan tempat duduk, sikap belajar siswa, penilaian diri, pemikiran kritis, dan kenyamanan sosial.
Key words: ELT Rap, English language teaching, Interpersonal text, Transactional text.
Article Metrics
Abstract Views : 212 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)