THE USE OF CODE SWITCHING UTTERED BY MATH AND NATURAL SCIENCE TEACHERS AND STUDENT’S PERCEPTION TOWARD IT AT RSMABI 3 PADANG

Dewi Ayu Wulan Suri(1), Hamzah Hamzah(2), Refnaldi Refnaldi(3),
(1) FBS UNP  Indonesia
(2) FBS UNP  Indonesia
(3) FBS UNP  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c)

DOI : https://doi.org/10.24036/jelt.v1i3.2365

Full Text:    Language : en

Abstract


ABSTRACT

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa mengenai fenomena Code switching di kelas bilingual RSMABI 3 Padang. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa tipe code switching yang paling sering di pakai guru adalah Situasional code switching, yaitu code switching yang terjadi tanpa adanya perubahan topik pembicaraan. Selanjutnya, alasan utama terjadinya code switching adalah untuk memperkuat pemahaman siswa. Selain itu, persepsi siswa terhadap code switching yang dilakukan guru ketika mengajar adalah siswa tidak merasa terganggu apabila guru melakukan code switching karena bagi siswa yang terpenting adalah isi dan konsep pelajaran.

Key words:, Code switching, RSMABI class, Students’ Perception, Math and Natural Science.


Article Metrics

 Abstract Views : 151 times
 PDF Downloaded : 74 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)