Abstract


Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan prosedur penggunaan strategi shared writing dalam pengajaran menulis teks recount kepada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Tujuan dari penggunaan strategi shared writing adalah untuk memodelkan proses berfikir yang terjadi ketika menulis dan strategi ini juga membuat siswa terlibat dalam proses pemodelan penulisan teks. Strategi shared writing digunakan pada kegiatan inti pengajaran (whilst-teaching activity). Guru memperkenlkan strategi shared writing pada tahapan eksplorasi. Selanjutnya, guru memodelkan menulis teks recount dengan menggunakan strategi ini pada tahapan elaborasi. Pada tahapan ini juga guru meminta siswa untuk bekerja dalam kelompok untuk menulis teks recount dengan menggunakan strategi ini. Pada tahapan konfirmasi, guru menanyakan kesulitan siswa dalam proses menulis teks dan memberikan respon yang jelas. Dengan menggunakan strategi ini, siswa dapat menyaksikan bagaimana proses menulis teks recount dan bagaimana kesalahan dalam proses suatu penulisan merupakan hal yang biasa. Sehingga siswa tidak lagi merasa takut untuk menulis hanya karena takut melakukan kesalahan dalam penulisan.

 

Kata Kunci: shared writing strategy, teaching writing, recount text