Abstract


Abstrak

Artikel ini ditulis untuk mendeskripsikan bagaimana guru dapat menggunakan strategi pembelajaran proyek cerita teater dalam mengajarkan keterampilan menulis (writing) teks naratif kepada siswa sekolah menengah atas. Hal ini bertujuan untuk membiasakan siswa dalam menulis sebuah cerita dalam teks naratif dengan menggunakan bahasa Inggris, meningkatkan kemampuan siswa dalam berfikir kritis dalam kelompok, meningkatkan rasa percaya diri siswa untuk menampilkan hasil tulisan mereka pada papan bulletin kelas atau sekolah dan dalam newsletter. Guru dapat menggunakan strategi ini untuk memenuhi standar kompetensi dan kompetensi dasar yang dituntut dalam kurikulum sekolah menengah atas. Tahapan pembelajaran inti menggunakan strategi ini terbagi kedalam tiga tahap mengajar: eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi. Dengan menggunakan strategi proyek cerita teater, siswa akan terfasilitasi untuk mengembangkan gagasannya untuk menulis sebuah cerita dan meningkatkan kreatifitasnya dalam mendekorasi tampilan cerita menjadi semenarik mungkin sehingga cerita tersebut menjadi menyenangkan untuk dibaca.

 

Key Words: Writing, strategy, story theater project, newsletter