Teaching Writing Procedure Textby Using "JOT Thoughts" Technique to Junior High School Students
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Journal of English Language Teaching
DOI : https://doi.org/10.24036/jelt.v8i1.103488
Full Text: Language :
Abstract
Berdasarkan kurikulum 2013 yang digunakan di Indonesia, siswa diwajibkan untuk bisa menulis. Namun, mengajarkan siswa menulis bukanlah hal yang mudah, dan mengajarkan mereka menulis dengan menggunakan teknik biasa dan konvensional kadang terasa kurang efektif. Oleh karena itu, guru harus memiliki inisiatif untuk menggunakan teknik mengajar khusus yang diharapkan bisa membuat siswa menulis. Guru dalam hal ini perlu memilih teknik mengajar yang menyenangkan dan tidak membosankan. Salah satu teknik mengajar yang cocok untuk digunakan adalah Jot Thoughts. Teknik ini bisa digunakan untuk semua jenis text, khusus nya procedure text. Dalam penerapannya, guru harus membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil. Setiap anggota dalam satu kelompok harus membantu anggota yang lainnya karena tujuan harus lah dicapai secara berkelompok. Dengan kata lain, Jot Thoughts adalah kegiatan kelas yang dilakukan secara berkelompok. Awalnya, siswa diberikan beberapa pertanyaan dan waktu berpikir untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Setiap siswa harus terlibat dengan menuliskan jawaban dari setiap pertanyaan di kertas kecil. Setelah semua pertanyaan terjawab, siswa secara berkelompok mengumpulkan jawaban dan berdiskusi. Mereka memilah dan memilih mana jawaban yang bisa digunakan dan mana yang pantas untuk dibuang. Jawaban-jawaban tersebut kemudian disusun menjadi sebuah text yang padu. Teknik ini bagus untuk digunakan dan sangat disarankan. Banyak manfaat yang bisa diambil dari kegiatan ini. Namun, dari itu semua yang paling penting adalah, siswa setelah melalui kegiatan tersebut akan beranggapan bahwa menulis adalah kegiatan yang menyenangkan.
Keywords
References
Afrin, S. (2016). Writing Problems of Non-English Major Under Graduate Students in Bangladesh: An Observation. Open Journal of Social Science, 104-115.
Anderson. (2003). Educational Psychology: Theory and Practice. London: Pearson
Arts, A.F., & Newman, C.F. (1990). How to Use Cooperative Learning in the Mathematic Class. Reston, V.A : National Council of Teachers of Mathematics
Browler, D.N. (2007). Academic Writing : A Guide to Tertiary Level Writing. New Zealand: Massey University
Brown, H.D. (2004). Language Assessment: Principle and Language Practices. New York: Longman.
Hidayati, H.K. (2018). Teaching Writing to EFL Learners: An Investigation of Challenges Confronted by Indonesian Teachers. Journal of the Association for Arabic and English, 21-31.
Johnson, D.W. (1989). Cooperative and Competition. Edina: Interaction Book Company
Johnson, D.W. (1991. Impact of Positive Goal and Resource Interdependence on Achievement, Interaction, and Attitudes. Journal of General Psychology, 118 (4), 341-347
Johnson, D.W., & Holubec, E. (1998). Cooperation in the Classoom. Bolton: Pearson
Knight and Bohlmeyer. (1990). Teaching English Writing. London: Macmillan
Soumia. (2016). The Language and Thought of the Child (1st Ed). New York: Harcourt Brace
Thuy, N.H. (2009). Teaching EFL Writing in Vietnam: Problems and Solutions – A Discussion From the Outlook of Applied Linguistics. Journal of Science, Foreign Language, 61-66
Article Metrics
Abstract Views : 965 timesPDF Downloaded : 452 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Journal of English Language Teaching
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.