USING MEMORY CARD GAME IN TEACHING VOCABULARY TO YOUNG LEARNERS

Dhea Ross Mia Nabila(1), Saunir Saun(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2018 Journal of English Language Teaching

DOI : https://doi.org/10.24036/jelt.v7i3.100578

Full Text:    Language : en

Abstract


Makalah ini bertujuan untuk menjelaskan tentang bagaimana penggunaan Memory Card game dalam pengajaran vocabulary untuk young learners. Dalam makalah ini dijelaskan langkah-langkah yang harus diterapkan oleh guru dalam mengajarkan vocabulary kepada siswa dengan menggunakan Memory Card game, terutama untuk young learners di tingkat Sekolah Dasar (SD). Hal ini dilatarbelakangi oleh kesulitan-kesulitan yang dialami oleh guru dalam mengajarkan vocabulary kepada siswa di dalam kelas, seperti memilih aktifitas yang sesuai dengan karakteristik dan perkembangan siswa. Memory Card game adalah salah satu aktifitas yang tepat yang dapat diterapkan oleh guru dalam mengajarkan vocabulary kepada siswa yang dapat dimainkan secara berkelompok sehingga dapat meningkatkan motivasi siswa untuk berkompetensi dengan siswa lainnya. Memory Card game ini tentang bagaimana siswa bisa menemukan picture-word pair yang tepat dengan cepat sesuai dengan vocabulary yang sudah diperkenalkan sebelumnya. Memory Card game ini dapat meningkatkan kerjasama anggota kelompok dan dapat mengasah ingatan siswa. Kelompok tercepat yang dapat menyelesaikan picture-word pair adalah pemenang dari game ini dan akan mendapatkan hadiah dari guru.

Keywords


vocabulary, young learners, memory card game

References


Harmer, J. 2001. The Practice of English Language Teaching. London: Longman Group Ltd.

Jenkins, J. 2009. World Englishes: A Resource Book for Students. Second Edition. Rutledge: London and New York.

O’Dell, F. 1997. Incorporating vocabulary into the syllabus. Cambridge: Cambridge University Press.

Prasetiawati, N. 2012. Teaching Vocabulary Using Hanggoro Game in the Fourth Grade Students of Elementary School.

http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/scripta/article/view

Sari, I., and Syafei, A.R. 2013. Using What’s Missing Game to Learn English Vocabulary at Elementary School Students. Journal of English language Teaching, Vol. 2, No 1, page 665-671.

Wright, A., et al. 1994. Games for Language Learning. Cambridge: Cambridge University Press.


Article Metrics

 Abstract Views : 990 times
 PDF Downloaded : 341 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Journal of English Language Teaching

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.