The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Asesmen otentik (authentic assessment) adalah penilaian yang dilakukan secara komprehensif berkenaan dengan seluruh aktivitas pembelajaran, meliputi proses dan produk belajar sehingga seluruh usaha peserta didik yang telah dilakukannya mendapat penilaian. Asesmen otentik menuntut peserta didik untuk berunjuk kerja dalam situasi yang konkret dan sekaligus bermakna. Studi ini dimaksudkan untuk mendapatkan pengetahuan guru bahasa Inggris SMPN RSBI Kota Padang (SMPN1 dan SMPN8) tentang penilaian otentik. Guru kelas 7 dan 8 dari kedua sekolah ini dijadikan sumber data. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket dan diikuti dengan wawancara. Analisis data dan interpretasi menunjukkan bahwa guru Bahasa Inggris SMPN1 dan SMPN8 Kota Padang mempunyai pengetahuan yang cukup memadai untuk melaksanakan penilaian otentik sesuai dengan standar penilaian.