The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Tahun ini Korea dan Indonesia merayakan empat puluh tahun ulang tahun terjalinnya hubungan diplomatik antara kedua negara. Selama ini Korea dan Indonesia mengadakan kerja sama dalam berbagai bidang sejak terjalinnya hubungan diplomatik secara resmi pada tahun 1974. Semenjak itu kepala-kepala negara dari kedua negara ini sudah berulang kali saling berkunjung untuk mempererat hubungan kedua negara. Jumlah perdagangan Korea dan Indonesia pada tahun 2012 mencapai U$ 30 miliar, dan penanaman modal Korea di Indonesia juga sampai sekarang berjumlah U$ 10 miliar dalam berbagai projek. Hal tersebut berarti bahwa Indonesia merupakan negara ke-8 terbesar dalam jumlah perdagangan dan ke-7 terbesar dalam jumlah penanaman modal bagi negara Korea. Di samping itu, kerja sama dalam bidang lain juga sudah semakin menonjol, misalnya dalam bidang budaya, pendidikan, dan sebagainya.