The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Pembelajaran sastra bertujuan untuk mengembangkan pikiran, wawasan, kreativitas, dan sikap kritis siswa dalam menyikapai berbagai persoalan yang ada. Di dalam karya sastra terungkap berbagai fenomena yang dapat dijadikan sebagai bahan  kajian dalam proses pembelajaran sastra di kelas. Karya sastra merupakan karya imajinatif yang dapat mengungkapkan berbagai hal melalui media bahasa. Pembelajaran sastra di sekolah saat ini belum berjalan seperti yang diharapkan. Salah satu faktor penyebab terjadinya masalah dalam pembelajaran sastra adalah kurangnya kompetensi guru di bidang sastra. Guru sebagai model harus memperkaya dirinya dengan berbagai pengetahuan tentang sastra, baik dari segi teori, sejarah, maupun kritik sastra. Di dalam melaksanakan proses pembelajaran sastra di sekolah, guru dituntut untuk lebih aktif dan kretif dalam menyajikan materi. Berbagai upaya untuk menciptakan pembelajaran sastra yang kreatif barangkali telah dilaksanakan oleh para guru di sekolah, namun masih belum maksimal. Salah satu model pembelajaran sastra yang dapat dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan ‘gairah’ belajar sastra di sekolah adalah reinterpretasi karya sastra. Memaknai kembali karya sastra merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan oleh guru untuk meningkatkan mutu pembelajaran sastra di sekolah. Banyak persoalan yang tersaji di dalam karya sastra yang mungkin belum tersentuh oleh guru untuk dibahas bersama siswa. Di dalam memahami dan menangkap pesan yang terdapat di dalam karya sastra sangat diperlukan kompetensi dan pengetahuan yang luas tentang sastra itu sendiri. Ketajaman guru dalam melihat dan mengamati berbagai fenomena yang muncul dalam karya sastra sangat diperlukan untuk memberi daya tarik pembelajaran sekaligus dapat menggiring siswa untuk berfikir lebih kreatif dan kritis dalam menyikapi berbagai persoalan kehidupan.

 

Kata Kunci: reinterptrtasi, pembelajaran, sastra