The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Dalam pembelajaran bahasa Indonesia, sering diungkapkan bahwa bahasa Indonesia sebagai bahasa yang juga memiliki berbagai fenomena penyimpangan dari struktur bahasa. Penyimpangan struktur ini ditunjukkan dalam tata bahasa Indonesia dengan beberapa contoh proses morfologi yang tidak konsisten. Hal ini jika ditinjau dari sudut pandang linguistik, penyimpangan-penyimpangan tata bahasa itu dapat terjadi dalam setiap bahasa yang disebabkan oleh berbagai hambatan yakni hambatan fonologi, hambatan morfologi, hambatan semantis, hambatan leksikal, dan hambatan pragmatis. Hal tersebut juga terdapat di dalam bahasa Indonesia. Berbagai penyimpangan struktur dalam bahasa Indonesia dapat disebabkan oleh berbagai hambatan tersebut. Hambatan fonologi berkaitan  dengan kaidah-kaidah fonologi. Hambatan morfologi berkaitan  dengan kaidah-kaidah morfologi. Hambatan semantis berkaitan  dengan kaidah-kaidah semantis. Hambatan leksikal berkaitan  dengan penggunaan leksikal. Hambatan pragmatis berkaitan  dengan kaidah-kaidah pragmatis.